UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE RESITASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 HINAI

Authors

  • Muamar Al Qadri STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat, Indonesia
  • Rika Adela STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56446/ji.v6i1.65

Keywords:

Motivasi Belajar, Metode Resitasi

Abstract

Metode resitasi merupakan metode pemberian tugas kepada siswa untuk dikerjakann baik dalam proses pembelajaran di kelas, atau diselesaikan di luar jam pelajaran tatap muka, dan harus dipertanggung jawabkan ketika proses pembelajaran. Saat observasi permasalahan pada kegiatan belajar mengajar awal masih terdapat hasil belajar yang belum maksimal. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan metode penelitian dari 4 tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi yang dirangkum dalam siklus I dan siklus II. Adapun hasil penelitian adalah kegiatan belajar mengajar pada observasi awal masih terdapat hasil belajar yang belum maksimal. Pada siklus I terdapat hasil penelitian siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu sebanyak 19 siswa atau 59 %, sedangkan 13 siswa atau 41% belum mencapai ketuntasan belajar sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Sedangkan pada siklus II dengan hasil belajar siswa 100% mencapai ketuntasan belajar secara individu dan mampu mengemukakan pendapat dalam diskusi serta menganalisis permasalahan yang dihadapi dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik serta bertanggungjawab yang telah dilakukan dari tugas yang dikerjakan. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode resitasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Hinai.

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara,. Bungin, M. B. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Hamalik., O. (2001). Pendidikan Guru Konsep dan Strategi. Bandung: CV Maju Mundur.

Indonesia, R. (2018). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32. Bandung : Fokus Media.

Indonesia, U.-u. R. (Nomor 14 Tahun 2005). Tentang Guru dan Dosen. Bandung : Citra Umbara,.

Jalaluddin. (2019). Pendidikan Agama Islam . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2019). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2019). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada.

Satria Wiguna, A. D. (2021). Kontribusi Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Jurnal Dirosah Islamiyah, Vol 3 No 2(Oktober), 220-427. doi:https://doi.org/10.47467/jdi.v3i3.576

Slameto. (2019). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya . Jakarta: Rineka Cipta.

Sudiana, S. S. (2011). Motivasi dalam belajar . Jakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Downloads

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles