PERAN GURU PROFESIONAL DALAM KEGIATAN MENGAJAR MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR BERBASIS COMPUTER DI MTs. SWASTA TARBIYAH WALADIYAH PULAU BANYAK

Authors

  • Endo Retno Suci STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Tasyari Syalsabila Pendidikan Anak Usia Dini Al Hikmah Tanjung Pura Langkat
  • Muhammad Ali Mukhlis STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.56446/ji.v6i1.66

Keywords:

Guru Profesional, Mendia Belajar, Berbasis Komputer

Abstract

Latar belakang permasalahan pada penelitian ini adalah 1). siswa kurang aktif mengikuti
pelajaran Akidah Akhlak dalam bentuk aktif berdiskusi, aktif bertanya atau menjawab,
aktif memberikan pendapat sehubungan pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar
dilaksanakan secara online atau daring. 2) Siswa kurang memiliki minat belajar pada mata
pelajaran Akidah Akhlak sehingga siswa kurang memahami materi pembinaan akhlak
siswa. 3) Guru bidang studi Akidah Akhlak belum menerapkan strategi pembelajaran
inovatif dan kreatif dalam kegiatan mengajar di kelas sehingga siswa tidak terlibat aktif
dalam kegiatan belajar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskripstif. Metode
pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi
data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas,
sehingga datanya sudah jenuh. Teknik analisis data dengan cara reduksi data (data
reduction), penyajian data (data Display), data penarikan kesimpulan dan verifikasi
(conclusion drawing/verification). Hasil kesimpulan penelitian menujukkan bahwa
analisis tingkat profesional guru bidang studi Akidah Akhlak dalam kegitan belajar dan
mengajar di MTs. Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak diterapkan dengan cara yang
sederhana dan mengacu pada kegiatan belajar yang berpusat pada aktivitas belajar siswa
(student centred) sehingga pembelajaran ini dapat diterapkan dalam kegiatan belajar dan
mengajar sehari-hari didalam kelas. Proses pembelajaran bidang studi Akidah Akhlak di
MTs Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak berjalan dengan efektif dan efesien. Hal
ini disebabkan, proses untuk memahami materi pelajaran Akidah Akhlak melalui tingkat
profesionalisme guru sepenuhnya melibatkan keikut sertaan siswa dalam belajar, sehingga
siswa lebih leluasa dalam mengikuti proses pembelajaran.

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara,.

Damayanti, D. (2019). Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jakarta: Araska.

Mustafa, B. (2012). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Multi Kreasi Satu delapan.

Sanjaya, W. (2017). Strategi Pembelajaran . Jakarta:: Kencana Media Group.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Downloads

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles