UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP NEGERI 3 SEI LEPAN

Authors

  • Ahmad Fuadi STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Usmaidar Usmaidar MAN 1 Langkat
  • Kiki Ardianti SMP Negeri 3 Sei Lepan

DOI:

https://doi.org/10.56446/ji.v6i1.67

Keywords:

Aktivitas Pembelajaran, Model Student Facilitator And Explaining

Abstract

Berbagai hambatan yang dialami guru dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran secara
online diantaranya yaitu guru merasa kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang
tepat karena minimnya pengetahuan tentang metode pembelajaran, kurang tersedianya
fasilitas untuk menerapkan metode pembelajaran, minimnya kemampuan sebagian guru
dalam mengoperasikan komputer sehubungan dengan pelaksanaan pembelajaran saat ini
menerapkan sistem belajar secara online maka pelaksanaan sistem administrasi gurupun
harus dilaksanakan secara online juga. Sehingga menimbulkan tantangan baru bagi guru
dalam menyesuaikan dengan sistem administrasi yang membutuhkan inovasi, informasi
dan teknologi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan
metode penelitian dari 4 tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
refleksi yang dirangkum dalam siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menujukkan bahwa
Kemampuan Aktivitas Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sei Lepan dalam keadaan
baik sesuai dengan nilai hasil ulangan terakhir yang dipaparkan oleh guru bidang studi
Pendidikan Agama Islam. Penggunaan Pembelajaran Model Student Facilitator And
Explaining dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas VIII SMP Negeri 3 Sei Lepan
sangat efektif dan efesien pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Penggunaan
Pembelajaran Model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan kemampuan
Aktivitas Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Sei Lepan dengan Presentase didapat dari nilai siswa yang telah memenuhi
Ketuntasan Kriteria Minimum (KKM) yaitu 70 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam. Nilai ketuntasan prestasi memahami materi Aktivitas Belajar surat pendek Al quran
oleh siswa sebagai indikator tingkat pencapaian prestasi belajar. Nilai individual siswa
juga semakin meningkat.

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara,.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Suprijono. (2011). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Suyatno. (2019). Menjelajah pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pusaka.

Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kencana Prenada

Media.

Yamin, M. (2018). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.

Downloads

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles