IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI ZOOM MEETING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MIPA MAN 2 LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.56446/ji.v6i1.68Keywords:
Pembelajaran Daring, Aplikasi Zoom MeetingAbstract
Pembelajaran daring merupakan sebuah tantangan baru bagi para tenaga pendidik dimasa
pandemi ini. Dalam penerapanya sebagian guu mampu melakukan pembelajaran dengan
baik melalui media Zoom meeting namun terdapat kendala seperti kurangnya android yang
memadai bagi siswa dan permasalahan jaringan dan kouta internet. Jenis dan Pendekatan
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah
Informan dalam penelitian ini yaitu Guru Fiqih dan Siswa MAN 2 Langkat. Metode
pengumpulan data penelitian dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data Display), data
penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). .Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom Meeting
pada pembelajaran Fiqih di kelas XI MIPA MAN 2 Langkat telah berjalan dengan cukup
baik dimulai dari guru yang telah merencakan pelaskaanan pembelajaran dengan membuat
RPP, melakukan pelaksanaan pembelajaran sampai tahap evaluasi pembelajara. Namun
masih ada kendala dari segi siswa seperti susahnya jaringan dan keterbatasan media seperti
hanphone dan laptop yang kurnag memadai bagi siswa serta besarnya konsumsi kuota
internet bila menggunakan aplikasi Zoom. Sehinga tidak semua siswa mampu mengikuti
pembelajaran daring melalui Zoom. Faktor pendudukung pembelajaran daring melalui
aplikasi Zoom Meeting pada pembelajaran Fiqih di kelas XI MIPA MAN 2 Langkat
adalah media pembelajaran yang mempuni yang dimilki oleh guru dan peserta didik serta
kualitas jaringan dan kuota internet yang memadai. Faktor penghambat dalam
mengimplementasikan pembelajaran daring melalui Zoom Meeting dikelas XI MIPA
yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu dikarenakan banyak anak anak yang tidak
disiplin dalam waktu. Saran untuk sekolah hendaknya lebih memfasilitasi guru dalam
pelaksanaan pembelajaran terutama pada pelaksanaan pembelajaran daring seperti
sekarang ini.
References
Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara,.
Hamidah, A. S. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Biologi, Vol.6, No.2 , 90-91.
Juwariyah. (2010). Hadist Tarbawi . Yogyakarta: Teras.
Mansyur. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran DiIndonesia.
Education and Learning Journal, , 113-123.
Mulyasa. (2019). Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kamaliah Kamaliah, Syarifah Syarifah, Mardiah Mardiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.