PERAN GURU PROFESIONAL DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI MAS JAM’IYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA

Authors

  • Khairuddin Khairuddin STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Rani Febriyanni STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Gita Sari MIS Nurul Hasanah Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat

DOI:

https://doi.org/10.56446/ji.v6i1.69

Keywords:

Guru Profesional, Pengembangan Bahan Ajar

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini guru yang profesional adalah guru yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal, begitu pula dengan pengembangan bahan ajar. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru dalam mengembangkan bahan ajar di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebagai informan adalah kepala Madrasah, guru dan siswa. Teknik pengumupalan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: Adapun profesionalisme guru dalam mengembangkan bahan pembelajaran di MA Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, semakin profesional guru tersebut maka akan semakin mudah baginya dalam mengembangkan bahan ajar. Bukan hanya itu, guru yang profesional akan meguasai bahan dengan berpedoman pada silabus yang ditetapkan, mengembangkan kreatifitasnya dengan cara sharing pengalaman antara guru, mengembangkan media pembelajaran serta dapat memanfaatkan media media massa dan media cetak. mengembangkan dirinya melalui seminar pendidikan, workshop, dan belajar mandiri.

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara,.

Conny, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: Prenhalind. dkk, A. H. (2018). Pembelajaran, Pendekatan dan Metode. Yogyakarta: UIN Malang

Press.

Mufarrokah, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras

RI, D. A. (2019). Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan.

Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Agama RI.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet. Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles