UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MTS JAM’IYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA

Authors

  • Fahri Ramadhan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Anshar Tanjung Pura
  • Diani Syahfitri STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Muhijar Muchtar STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.56446/ji.v6i1.70

Keywords:

Keteranpilan Bertanya, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bertanya siswa dan untuk
meningkatkan keterampilan bertanya siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw. Sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, keaktifan siswa
didalam kelas rendah, terkhususnya siswa yang bertanya saat proses pembelajaran masih
tergolong rendah, dapat dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung, banyak siswa
yang masih tidak fokus dan bermain dengan teman-temannya. Jenis penelitian adalah
penlitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang
berjumlah 27 orang. Metode penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dimana tiap siklus
melakukan dua kali pertemuan. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini
adalah observasi, wawancara, tes lisan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrument tes lisan yang dilakukan disetiap akhir pertemuan pada tiap
siklus. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 19
siswa dari 27 siswa, dengan angka persentase 70,37 %. Sedangkan pada pelaksanaan siklus
II siswa yang tuntas 23 siswa dengan angka persentase 88,88%. Hal ini menunjukkan
bahwa adanya peningkatan keterampilan bertanya siswa sebesar 18.,51% dari siklus I ke
siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw kelas VII MTs Jam’iyah
Mahmudiyah Tanjung Pura.

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara,.

dkk, A. H. (2018). Pembelajaran, Pendekatan dan Metode. Yogyakarta: UIN Malang

Press.

Mufarrokah, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras .

Ni Nyoman Padmadewi, e. a. (2017). Pengantar Micro Teaching . Depok: Rajawali Pers,.

Nizar, S. (2019). Pengarntar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam . Jakarta: Gaya

Media Pratama.

Priansa, D. J. (2019). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran . Bandung: CV

Pustaka Setia.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru .

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles