PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI (E-LEARNING) TERHADAP NILAI AKADEMIK MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VII MTS AL IKHWANUL MUSLIMUN SECANGGANG
DOI:
https://doi.org/10.56446/ji.v7i2.94Keywords:
E-Learning application, Academic valueAbstract
This shows a positive and significant relationship. The academic scores of students at MTs Ikhwanul Muslimin have an average result of 53.2, the median is 53.9, the mode is 53.1, the variance is 18.76 and the standard deviation is 4.33 which is acceptable with significant tolerance limits. This shows a positive and significant relationship. There is a positive and significant relationship between the variable utilization of E-Learning applications and students' academic grades at MTs Ikhwanul Muslimin Secanggang District with a regression line Y=21.84 +0.62 X. There is a significant correlation between the utilization of E-Learning applications and academic grades students in the fiqh subject at MTs Ikhwanul Muslimin Secanggang
References
Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004
Ahmadi Abu dan Nur Uhbiayti. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Arikunto Suharsimi, Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Ali Muhammad, Guru dan Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2002
Anisah Nursiyam. Pemanfaatan Media Pembelajaran. Pada Diklat Aparatur di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2010
Arif Rahman. Instrutional Tecnology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011
Aswan, Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kelayan Banjarmasin, Jurnal Pendidikan Agama Islam,2010
Asnawir Basyiruddin. Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002
Arisa Ririn, dkk, Analisis Pemanfaatan E-learning Sebagai Media Pembelajaran Di Universitas Multimedia Nusantara, Laporan Penelitian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Guna darma Palembang, 2013
Ali Muhammad Daud, Hukum Islam, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 2012
Djamarah Saiful Bahri, Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta, 2011
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2009
Erta Kadek Agus ect, Analisis Pemanfaatan E-Learning Sebagai Knowledge Management Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha (Jurnal: Volume 6, Nomor 1, tahun 2017
Falahudin Iwan. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka setia, 2011
Kadafi Abdul Rahman, Klasifikasi Nilai Akademik Siswa Berdasarkan Hasil Pemeriksaan Psikologi Pada Proses Penerimaan Siswa Baru Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol 3 No 3, November 2019
Kustandi Cepep dan Bambang Sutjipto. Media Pembelajaran, Manual dan Digital
Bogor: Gholia Indonesia, 2011
Kurniasih Imas, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Jakarta : Kata Pena, 2015
Nurlinda, Ect, Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran Jurnal Teknik Informatika Vol. 13 No.1, 2018
Nggermanto Agus. Quantum Quantient ,Kecerdasan Quantum, Bandung: Nuansa, 2003
Nawawi Imam, Terjemah Riyadhus Shalihin. Jilid I Jakarta,Pustaka Adil, 2010
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Habibah, Diani Syahfitri, Syahrul Affan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.